Makanan ringan "GODEBLAG"

Godeblag adalah sejenis makan ringan bentuknya dibuat bundar tipis terbuat dari singkong atau ketela pohon.
Bahan bakunya hanya SINGKONG to, untuk bumbu penyedapnya hanya bumbu biasa yang banyak terdapat dipasar tidak menggunakan bumbu-bumbu yang tidak dikenal. 


Didaerah tasikmalaya ini khususnya manonjaya, pengrajin makanan ringan GODEBLAG banyak namun karena bahan bakunya yaitu singkong sekarang susah apalagi kalau dimusim kemarau, singkong yang digunakan sebagai bahan baku makanan ini haruslah singkong yang bagus, tidak terkena hama, dan benar-benar masak ( maksud masak disini tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua).


Dipasaran misalnya di pasar tradisional manonjaya, atau pasar induk Tasikmalaya tepat pasar CIKURUBUK TASIKMALAYA penjual GODEBLAG ini tidak banyak, hanya mereka yang sudah berlangganan saja... ya dikarenakan produksi makanan ini sedikit memerlukan ketelatenan, harus rada apik didalam mencetaknya, sebetulnya prosesnya tidak rumit, garis besarnya singkong dikupas, dicuci lalu di parut dengan parutan yang sangat lembut karena kalau parutannya kasar hasil cetakannya tidak akan rata dan tidak akan mulus. Makanya pembuat makanan ini mereka tidak memakai jasa mesin parut seperti kelapa karena ya  seperti tadi hasilnya tidak akan memuaskan.


Untuk rasa dari makanan ringan ini dibuat hanya satu rasa, asin tapi tidak terlalu asin, biasanya dimakan sebagai cemilan tapi lebih enak lagi biasanya orang suka dimakan sebagai temennya makan bakso, mie rebus, atau bahkan ada juga sebagai temen rujak, atau pecel. heheheh .. itu sih pengalaman penulis..... 


Dilihat dari cara pembuatannya makanan GODEBLAG ini bisa juga tuh dijadiin usaha sampingan dirumah... untuk tempat tidak terlalu makan tempat fasilitas dapur anda juga sudah memadai, untuk pertama anda coba saja sedikit sendiri 2 kilo cukup lah untuk cemilan dirumah bersama anggota keluarga. Selamat mencoba.


Spesipikasi harga jual makanan ringan GODEBLAG :


  • Harga /kilo     : Rp. 30.000,-
  • biasanya 1kg dibuat 4 pack
  • belum termasuk ongkos kirim
Untuk anda yang berminat mencicipi makanan khas sunda tepatnya Kota Manonjaya yaitu "GODEBLAG" silakan hubungi via :